Gimana ya Cara Mengatasi Android Yang Download Sendiri ?? - Cds Blog

Gimana ya Cara Mengatasi Android Yang Download Sendiri ??



Android sering download sendiri - Kesal rasa nya jika tiba-tiba android instal aplikasi sendiri apalagi aplikasi tersebut bukanlah Aplikasi yang kita harapkan, selain dapat menyedot paket data dan pulsa kita hp kita pun makin berat dan lemot di buat nya.

Berawal dari mengalami sendiri

Ini awal nya dari pengalaman pribadi Saya, lalu Saya coba Browsing di Mbah Google, dan ternyata masalah Aplikasi terinstal sendiri di android ini di alami juga oleh pengguna lain juga, jadi bukan saya sendiri yang mengalami nya akhir nya saya coba beberapa Tips Cara mengatasi android sering download sendiri yang saya baca dari Google.

Menggunakan Aplikasi Anti Virus

Ada yang menyarankan untuk memasang Aplikasi anti virus, dan ternyata Hore....berhasil tapi sayang nya hanya untuk sementara, setelah itu Aplikasi yang dulu nge-instal sendiri datang lagi. Saya coba lagi beberapa cara mencegah aplikasi terinstall sendiri di android.


Menyetel Play Store

Saya coba buka play Store dan melakukan penyetingan agar Aplikasi tidak memperbarui otomatis serta membatasi Data latar belakang hp, cukup lega juga, tapi beberapa saat jika Data latar belakang di aktifkan atau masuk kejaringan Wifi, masih aja donload sendiri lagi,
hmm... lalu saya coba lagi beberapa cara menghentikan download otomatis di android hasil browsing juga.

Virus iklan atau Malware ads

Perlu diketahui saya sudah mengalami beberapa kali Aplikasi Donload sendiri di Android saya ini, Sejak awal beli Hp sampai sekarang ini sudah bebeberapa kali Hp saya kemasukan virus iklan, sempat kesal dan frustasi juga tapi saya tetap coba lalu saya cari penyebab aplikasi terinstal sendiri di android ini.

Aplikasi benalu atau cloning itu sudah di hapus tapi masih saja ke donload secara otomatis lagi.


Berikut ini kesimpulan saya penyebab aplikasi terinstal sendiri di android :

  • Ada nya virus atau malware ads yang masuk ke dalam hp melalui suatu Aplikasi atau Game yang pernah kita Download, cara mengatasi nya coba ingat Aplikasi atau Game apa yang terakhir di Download lalu hapus.
  • Kita pernah mengunjungi suatu situs yang mengandung virus iklan / malware ads sehingga walaupun telah meninggalkan situs tersebut namun virus sudah masuk kedalam memori hp
  • Coba hapus semua riwayat browsing cache dan yang lain nya lalu restar atau mulai ulang Alat browsing yg kita gunakan.
  • Pernah mengklik iklan padahal tanpa kita ketahui iklan tersebut mengandung virus iklan / malware ads.


Berikut ini ada beberapa cara mengatasi android yang download sendiri hasil saya browsing di internet dan dari pengalaman sendiri.

  • Coba hapus Aplikasi Play Store di hp android kamu.
  • Buka menu Pengaturan > Keamanan


Lalu NonAktifkan Fitur unduh Aplikasi dari sumber tidak di ketahui, dan Aktifkan verifikasi Aplikasi Lakukan seperti cara di Gambar
  • Coba pasang Aplikasi anti virus dan lakukan scan
  • Cari Aplikasi aplikasi yang di anggap asing dan file-file yang di anggap baru dan tak pernah kamu donload, cara mencari file asing dapat dilihat dibagian bawah post ini.
Bila virus sudah diangggap sangat membahayakan langkah terakhir adalah mengembalikan setelan android ke setelan pabrik.


Berikut ini cara mengatasi Android sering download sendiri versi pengalaman saya menggunakan Pencari File


Karena terkadang ada file yang masih tersembunyi maka
Gunakan Aplikasi pencari / pengatur file, Kebetulan disini saya pakai B1 archiver, yang belum punya silahkan Download.

Cara menggunakan Aplikasi pencari File

Buka Aplikasi tersebut lalu cek satu persatu Aplikasi file di dalam memori internal / memori Card, Hapus Aplikasi yang mencurigakan, sebagai contoh disini Hp saya terkena malware 9appspro yang berawal dari iklan Ucbrowser yang nge-instal sendiri

Perhatikan gambar, dalam menu 9appspro ternyata mengandung File-file iklan.




Mengatasi android instal aplikasi sendiri dengan cara manual


Yaitu dengan cara bukan menghapus aplikasi benalu / cloning tersebut, tapi hanya dengan menon-Aktifkan nya saja, berikut contoh Gambar Aplikasi yang di Non-Aktifkan di Android saya.

Sejak awal menggunakan Hp Android hingga sekarang sudah terhitung 34 Aplikasi "Gak jelas" yang sudah saya Non-Aktifkan, kamu bisa mencoba cara ini.





Perlu di ketahui bahwa Aplikasi "Benalu"  tersebut terkadang men-Cloning dengan Aplikasi utama bawaan hp android kita, contohnya:



Cara membedakan Aplikasi Asli dan Aplikasi Kloning

Cara membedakan nya mudah saja, jika aplikasi itu terkunci dan tidak bisa di non-Aktifkan maka itu adalah aplikasi asli.

Jika aplikasi tsb bisa di nonAktifkan maka itulah aplikasi virus Cloning (Tapi ada juga aplikasi bawaan yang bisa di Non-Aktifkan) juga dapat dikenali biasa nya aplikasi Cloning ini  bergambar robot android berwarna hijau.

Saya menggunakan hp android merk evercoss, Lakukanlah cara yang telah di sebutkan di atas lalu Restar hp kamu.

Efek Menonaktifkan Aplikasi

Walaupun sudah 34 app yang saya Non-Aktifkan dan Alhamdulillah Hp Android saya bisa tetap di gunakan secara Normal.

Kamu bisa coba Cara mengatasi android sering download sendiri ini, Atau mungkin jika kamu ada cara lain yang lebih efektiv silahkan Share di kolom komentar saya akan sangat menghargai dan mengapresiasi nya.

Jika Ulasan cara menghentikan download otomatis di android menurut kamu bermanfaat jangan lupa share dan bagikan ya...

Ayo Berlangganan Artikel GRATIS Via inbok Masukkan Alamat Email Kamu Disini: