Manfaat keterampilan menulis bagi kecerdasan & rezeki : blogger kudu baca - Cds Blog

Manfaat keterampilan menulis bagi kecerdasan & rezeki : blogger kudu baca


Manfaat keterampilan menulis bagi kecerdasan & rezeki - Apa itu menulis : Menulis adalah suatu aktifitas menuangkan pemikiran, gagasan dan perasaan pada media tulis dengan tema-tema tertentu sesuai dengan karakter pelaku nya.

https://catatan-dosen.blogspot.co.id/2016/05/manfaat-keterampilan-menulis-atikel-dan-buku.html
Manfaat keterampilan menulis

Manfaat keterampilan menulis Artikel
Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh seorang penulis, baik itu penulis berita, penulis buku, penulis online dsb dan khususnya pula penulis islami. Berikut ini akan diulas masing-masing manfaat dari menulis.

Menyebarkan ilmu yang bermanfaat dan berdakwah kesemua orang
Berbagai ilmu / informasi yang bisa dibagikan oleh seorang penulis kepada masyarakat, mulai dengan informasi yang bertema berita, teknologi, kesehatan, Kuliner, tutorial, lowongan kerja, pendataan, agama dll.

Sebagai contohnya seorang penulis blogger, ilmu nya bisa dibagi kepada masyarakat luas melalui blog atau website yang dia  buat, dan bila dikelola dengan serius justru malah bisa mendapatkan Rezeki penghasilan dari aktifitas menulis di blog nya, mulai dari pasang iklan atau menjual blog nya kepada orang yang berminat. Namun tentu nya dengan tulisan yang berkualitas dan menarik sehingga dapat nengundang banyak pembaca berkunjung ke blog nya.

Ada pula penulis buku islami, dimana ilmu / informasi yang ditulis dan dibagikan kepada masyarakat banyak bertema agama, maka bisa sebagai media dakwah juga. Jika menulis tentang agama atau islami, dan buku tersebut laris atau bestseller, maka tentu nya semakin banyak orang yang mendapatkan kebaikan dari isi buku yang ditulisnya, dan insya Allah menjadi ladang amal juga.

Ada beberapa hal manfaat menulis baik di dunia dan akhirat yang bisa dibagikan kepada masyarakat pembaca.

Manfaat kerampilan menulis dapat Meningkatkan kecerdasan atau menambah pengetahuan
Menulis berkaitan erat dengan membaca. Akan ada banyak ilmu / informasi yang akan dibaca oleh orang yang ingin menjadi penulis. Walaupun seseorang itu sudah ahli dalam menulis, dia tetap akan membutuhkan tambahan ilmu / informasi serta tambahan referensi untuk bahan tulisan di bukunya. Maka Dengan banyak membaca maka akan meningkatkan pengetahuan dan cara berpikir lebih luas dan maju atau meningkatnya kecerdasan. (Iqro' yang artinya bacalah).

Nah, jika menjadi menulis islami atau tentang agama islam, tentunya pengetahuan agama kita akan semakin meningkat dan bertambah.

Manfaat menulis mendapatkan Kebebasan waktu
Siapa saja tentu ingin memiliki kebebasan waktu, apalagi bagi  seorang penulis / blogger muslim, usahakan menjaga shalat tepat waktu, dan apalagi bagi laki-laki muslim, yang semestinya shalat berjamaah di masjid tiap awal waktu shalat.

Kebebasan waktu / free time tentu juga sangat berguna bagi ibu-ibu yang mempunyai anak atau repot dalam mengurus keluarganya.

Free time untuk beribadah tanpa diintervensi atasan tentu menjadi idaman setiap pekerja muslim. Dengan menjadi penulis maka kita bisa mengatur sendiri jadwal menulis yang lebih fleksibel, juga bisa mengatur aktifitas pekerjaan yang lainnya, dengan ibadah shalat wajib dan shalat sunah, baca Al-Qur’an, zikir, dan lainnya dapat secara baik dilakukan.

Manfaat keterampilan menulis dapat Memperbanyak teman dan relasi
Penulis itu berhubungan dengan banyak orang, yang bila dikelola dengan baik, mereka bisa menjadi relasi kerja atau bisnis bagi si penulis.

Bagi yang belum bekerja dan masih menganggur, manfaatkanlah waktu itu selain mencari pekerjaan atau sambil merencanakan businis, juga sambil menulis, dan bila dilakukan dengan profesional dapat menghasilkan karya yang bisa mendapat pemasukan, maka masalah pengangguran diri sendiri pun akan teratasi, karena pekerjaan penulis ini bisa dilanjutkan dan dikembangkan.

Manfaat menulis Mendapatkan pekerjaan sampingan
Dengan menjadi editor atau penulis maka kita bisa mendapatkan berbagai pekerjaan lainnya. Ada orang-orang, yang selain menjadi penulis buku, mereka juga terlibat dalam pekerjaan editorial, penulis di media massa, mendirikan penerbitan, dan sebagainya.

Baca juga: Kenapa harus membaca juga harus bisa menulis?

Manfaat keterampilan menulis lainnya Mendapatkan penghasilan pasif #Rezeki
Penghasilan pasif dapat didapatkan oleh seorang penulis blog / buku. Biasanya jika penulis artikel blog / penulis buku akan mendapat royalti per-artikel atau periode. Namun ada pula penulis yang menjual naskahnya secara putus alias dia hanya mendapatkan penghasilan satu kali saja, setelah itu ia tidak punya hak lagi mendapatkan penghasilan dari bukunya tersebut contoh nya penulis Artikel blog yang menjual karya tulisan nya kepada blogger lain nya.

Manfaat kerampilan menulis mendapat Royalti dan manfaat dari tulisannya sampai ke anak-cucu
Bila kita lihat bahwa penulis memperoleh penghasilan pasif dari royalti nya, maka kabar baik selanjutnya adalah hal ini bisa berlaku sampai generasi selanjutnya, atau dalam surat perjanjian ada pasal tentang ahli waris, selama buku tersebut masih aktif dijual oleh penerbitnya. Kalau blog kan bisa juga kita wariskan.

Kita patut bersyukur bila Allah Ta’ala telah memberikan rezeki berupa ilmu yang banyak pada diri kita sehingga kita punya kemampuan / keahlian menulis dan memudahkan kita dalam melakukan aktifitas menulis tsb, oleh sebab itu sebagai rasa syukur kita maka tulis lah tulisan / artikel yang bermanfaat bagi umat manusia agar dapat pula menjadi amal jariah bagi kita. Semoga artikel manfaat keterampilan menulis bagi kecerdasan & rezeki ( rezeki penghasilan dan rezeki intelektual ) ini dapat bermanfaat dan dapat kita ambil hikmah nya.

Terinspirasi dari tulisan: Muhammad Yuan Yusuf (Penulis asal Padang, Blogger Motivasi Islami) via voa-islam dotcom.

(Sumber dari buku “How to Become a Writer: Motivasi dan Panduan Menjadi Penulis”, Muhammad Yuan Yusuf)  *(CDS)

Ayo Berlangganan Artikel GRATIS Via inbok Masukkan Alamat Email Kamu Disini: