cara membedakan batu AKIK atau Permata palsu - Cds Blog

cara membedakan batu AKIK atau Permata palsu


Cara membedakan batu AKIK atau Permata palsu - Ahli batu-batuan dari singapura, Mohammed Zafarullah mengatakan, berdasarkan analisa dan pengalaman diperkirakan sekitar 60% batu mulia (Akik/permata) yang beredar termasuk  yg dimiliki masyarakat Indonesia ternyata palsu.

Siapa Zafarullah?, Beliau adalah  orang Asia pertama yang meraih gelar Hooge Raad Voor Diamant (HRD) di Atwerpeg, Belgia. Dan beliau juga menyelesaikan pendidikan di GIA.


Dan fakta nya di indonesia masih banyak sekali penjual batu yang tidak jujur, walaupun tidak semua tapi bisa di bilang cukup banyak.

yuk mari kita kupas trik mereka menjual batu: 


http://catatan-dosen.blogspot.co.id/2014/09/cara-membedakan-batu-akik-atau-permata-palsu.html


Hati2 tukang batu abal-abal! (Pinggir jalan)

Menurut Pengalaman dari beberapa teman: 
Biasanya bilang bahan kalimaya sudah nunggu kluar jarong, biasanya direndam di minyak. 
Trus kl kita mendekat ada saja yg datang dan seolah2 tawar menawar serius. Trus disenter, di lebay2in, bla...bla....bla... dan itu adalah potongan akar bahar (tali arus) yg direndam, memang kadang2 ada 1-2 titik yg berkerlip seperti jarong, katanya blm jadi tinggal nunggu aja tretment nya.


Rough nilam, biasanya sudah dipotong segi empat seukuran kotak korek kayu, padahal itu granit dapet mungut dari tukang marmer, biasanya untuk top table kitchen set. Memang ada butiran logamnya krn memang di cetak campur butiran logam. Begitu juga yg warna ijo yg ngakunya batu dari timor lah, garut lah, bla...bla.... (pengalaman dari beberapa teman).

Terus yg dipajang biasanya 20% akik natural, sisanya sintetis!!. obsidian dsb!!
Biasanya pelaku buka lapak pinggir jalan!
Intinya teliti gan.....!
Kecuali memang sudah tahu tapi suka sama batunya!



Berikut cara mementukan batu asli atau palsu,mungkin dapat menjadi referensi anda:

- Bila dibakar atau dengan sulut rokok, korek/mancis batu akan panas dan kembali cepat mendingin, beda dengan kimia plastik atau kaca buatan, yang akan cukup lama menyimpan hangat atau panas (uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal dan jangan sekali gunakan pada jenis batu fosil atau kapur, seperti pirus, dan fosil lainnya).

- Lihatserat didalamnya dengan menerawang, jika asli serat dalam batu terlihat seperti retak-retak dan motif alami, karena jarang sekali kita jumpai batu mulia akik dengan mulus tanpa serat. anda pasti bisa membedakannya buatan alam dan manusia “Serat dalam batu”.(uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan Kristal).
- Kaca akan membekas atau tergores bila di goreskan ke kaca/ cermin (uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan Kristal).

- JikaBatu di letakkan di tempelkan di pipi, terasa dingin insyallah batu itu asli. jika cepat menghangat bagai mana ? : setiap benda yang kita pegang pasti akan berubah hangat karena hantaran suhu badan kita, untuk batu akik, jika kita pegang akan lama hangat bahkan selalu terasa dingin dan akan cepat mendingin. “jika di tempelkan di pipi terasa dingin” (untuk Jenis batuan chalcedony dan Kristal).

- Jika di sulut dengan api putung rokok atau di bakar dengan korek api, maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu, setelah lama di bakar atau di sulut pasti akan menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, nah jika ASLI ketika di usap maka cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas atau menempel kuat di batu, jika palsu meski di olesi air atau minyak untuk menghilangkan, bekasnya tidak  akan hilang. “Jika di bakar atau di sulut api rokok / korek tidak meninggalkan bekas bakar yang aneh” hal tersebut tidak berlaku pada jenis batu akik jenis kapur dan fosil, karena jenis tersebut sudah tentu jenis batuan akik lunak dan jika di bakar pasti hancur dan usang,

 (INGAT..kontensitas api disini ada uji dengan api korek/mancis/rokok..semua bendabatuan terkeras sekalipun bahkan besi jika di bakar dengan intensitas api tinggi pasti terbakar gosong).

- Tanyakan kepada ahlinya atau cek di laboratorium untuk menguji kandungan batu.


Berikut beberapa ciri-ciri Batu Sintetis /Plastik:


  • - Bening seperti kaca, tidak terlihat serat-serat di dalamnya. (untuk jenis Kristal).
  • - Terasa lebih ringan untuk batu seukurannya kecuali jenis batuan akik kapur dan fosil kayu.(uji coba hanya untuk Jenis batuan chalcedony dan Kristal).
  •  - Akan ada perubahan jika anda membakarnya,(selain jenis batu akik kapur dan fosil kayu).
  •  - Kekuatan bahan batu lebih keras ketimbang batu aslinya. (tergantung jenis silika nya).
  •  - Serpihan pecahan jika di basahi warna tetap tidak berubah, (jika batu asli warna akan sperti terbasah dengan yg kering akan beda).


Tips tambahan:

Belilah batu permata di Toko yang terpercaya dan memberikan garansi 100% bila ternyata batu tersebut tidak asli dapat dikembalikan, Dan bila anda membeli batu pada pedagang batu kaki lima pastikan anda mengenal nya dan penjual tersebut berjualan tetap di lapak nya bukan yang lapak nya berpindah-pindah dan tidak jelas asal-usul nya,dan lebih telitilah bila anda membeli batu AKIK/permata secara online.

Nah "hati-hati dan telitilah" itulah kata bijak yang selalu jadi pedoman, terutama bila akan membeli batu AKIK/permata yang berharga sangat mahal. Demikian cara membedakan batu AKIK atau Permata palsu ini moga manfaat ya.

tag: {keyword} Batu Mulia Pantol, Cincin Batu Mulia, elongated gas bubbles, Gemafia, Gemologi, Gemstonia, Hati-hati beli batu mulia, Mang Okim, Mirah Delima, Mirah Delima Sintetis, Pantat Botol, Synthetic Ruby, Tindak Pidana Korupsi, batu palsu,batu permata sintetis, permata, harga batu permata.


Ayo Berlangganan Artikel GRATIS Via inbok Masukkan Alamat Email Kamu Disini: